Langsung ke konten utama

Ketakjuban Orang non-Islam pada Adzan


Assalamualaikum Warahmatullohi Wabarakotuh



Setiap saat kita pasti mendengarnya dari anak-anak,remaja,bapak-bapak dan bahkan lansia pun kita dengar suara mereka dalam mengalunkan kalimat adzan untuk memberitahu umat muslim bahwa telah tiba waktu sholat berjamaah. Percaya atau tidak bahwa adzan tidak pernah terputus dan saling bersambung diseluruh dunia,sungguh mulia panggilan ummat muslimin ini.
Beberapa orang non muslim pun banyak yang berkomentar tentang keindahan dari lantunan adzan memang dalam adzan ada beberapa penerapan dari langgam yang ditujukan untuk memperindahnya.
Jika teman-teman adalah penyuka seri kartun jepang atau anime pasti pernah mendengar tentang kasus salah satu opening anime  (Noragami:Aragoto)yang menggunakan adzam dalam meremix lagu opening itu.
Saya mencoba berfikir positif saja kalau si pembuat lagu ini memang tidak tahu fungsi dan kesakralan dari adzan ini.saya hanya berfikir bahwa dia termasuk orang yang takjub dengan suara lantunan adzan, yang non muslim aja bisa takjub bagaimana dengan kita?

Adzan adalah pemberitahuan menegenai telah datangnnya waktu sholat dengan lafadh tertentu.
hukum adzan adalah fardhu kifayah yaitu apabila sudah ada yang melakukan maka akan gugur kewajiban bagi yang lain. berdasarkan hadits Rosululloh :

"Jika telah datang waktu shalat,hendaklah salah seorang diantara  kamu mengumandangkan adzan dan hendaklah orang yang paling tua di antara kamu mengimami sholatmu" (Muttafaq'alaih; Bukhori no.628 dan muslim no.674).

Bahkan jika masih adalam perjalanan dan berhenti disuatu tempat yang sepi dan jauh dari pemukiman seperti hutan dan padang pasir. kita pun dianjurkan untuk mengumandangkan azan.

"Jika kamu sedang menggembalakan kambing atau berada dipadang pasirmu, hendaklah kamu mengumandangkan adzan shalat(saat waktu sholat tiba) dan keraskanlah suaramu ketika mengumandangkannya, karena tidaklah jin, manusia, dan sesuatu yang mendengar lengkingan suara muadzin,melainkan ia akan menjadi saksi baginya kelak pada hari kiamat"(Bukhari no.609)


nah.kalau dengan lafadz ini kita sama sekali tidak asing.
Disyaratkan bahwa muadzin adalah orang yang jujur , bersuara lantang dan mengetahui waktu sholat. jika jaman sekarang untuk point yang ketiga nampaknya semakin mudah karena sudah dibantu dengan teknologi.
hendaknya bagi muadzin untuk memilih tempat yang tinggih (kalau sekarang sudah ada amplifier jadi tidak perlu naik ke tempat yang tinggi) dan menutup kedua telinga mereka dengan jari telunjuk.dan saat akan melafadzh kan haiyya 'alassholah sambil menoleh dari kanan ke kiri.


mungkin cukup sekian tentang adab dan hukum adzan, mungkin bila ada koreksi mohon komentarnya dibawah ya..

link dibawah ini adalah salah satu lantunan adzan yang saya suka,suaranya indah dan sangat lembut membuat saya tertegun dan memotifasi untuk memperbaiki adzan saya.
https://www.youtube.com/watch?
v=T7s3IFMktLo&index=6&list=PLYwR4EFeiSGhsPhiljHoxQP2v9FPAFXuY

Komentar

Tulisan lama

Contoh Soal Dan Penyelesaian Program Linier Menggunakan Garis Selidik

Contoh Soal Dan Penyelesaian Program Linier Menggunakan Garis Selidik   Cara ini lebih simple dibandingkan dengan metode uji titik pojok tetapi memerlukan alat bantu berupa penggaris atau benda pipih yang lurus. Dalam soal biasanya sudah tertera keterangan dari garis selidik,kalau tidak ditulis didalam soal bisanya sudah tertera didalam gambar.Didalam metode penyelesaian menggunakan garis selidik titik terdekat dengan garis selidik adalah nilai minimumnya dan titik terjauh dari garis selidik adalah nilai maksimumnya. Contoh Soal: Daerah yang diarsir adalah penyelesaian dari suatu program linier. Dengan garis selidik awal,nilai maksimum yang mungkin terjadi adalah ... Jawaban: Lihat! Garis yang berwana Biru(garis selidik) garis tersebut bisa kita ubah menjadi fungsi obyektif atau fungsi sasaran. Terdapat 2 titik yang membuat garis tersebut yaitu (0,2) dan (5,0). Pola a -b      Maka terbentuklah fungsi obyektif f = 2 x +