Langsung ke konten utama

Sutrah, Sunnah yang mulai ditinggalkan

Religious




Apa sih Sutrah itu?

"Hendaknya seseorang dari kalian membuat sutrah sewaktu mengerjakan sholat, meskipun dengan anak panah"(HR. Hakim,Thabrani, dan Ahmad)
*Al Haitsami dalam majma'uz zawa'id berkata:"Rawi yang ada dalam riwayat  Ahmad adalah shahih"

Sutrah adalah Benda yang diletakkan didepan ketika sholat sebagai batas tempat sujudnya supaya tidak ada orang lain yang lewat didepannya.-pent

Hadits diatas menjelaskan tentang ditekankannya membuat sutrah (sewaktu mengerjakan sholat) walaupun dengan anak panah:diambil dari pendapat Syaikh bin Baz ketika membahas Bulughul Mahram hadits no.244

sebagai sunnah (menurut pendapat jumhur ulama,malikiyah dan hanafiyah)
yang mulai ditinggalkan oleh kamu muslimin.saya berpendapat demikian karena memang melihat realita ketika melihat sebagian orang yang mengerjakan sholat sunnah ataupun membuat jamaah tetapi sering mengabaikan sunnah yang satu ini.padahal manfaatnya baik sekali jika dilakukan. Dalam hadits riwayat Imam Muslim juga di jelaskan:
"Jika seseorang dari kalian mengerjakan sholat dia dianggap telah membuat sutrah meskipun yang diletakkan berupa benda,seperti sandaran pelana.jika didepannya tidak diletakkan benda tersebut atau yang semisalnya, maka shalatnya menjadi putus(tidak sempurna) jika ada keledai,wanita, atau anjing hutan yang lewat di depannya"

sutrah menjadi pembatas ketika sedang sholat untuk mencegah seseorang lewat didepan kita. hendaknya jika sudah membuat sutrah posisinya didekatkan karena mengacu pada  hadits Abu sai'id dari Nabi SAW bahwa beliau bersabda:
"jika seseorang dari kalian mengerjakan sholat, hendaknya dia sholat dengan menghadap ke sutrahnya dan agar mendekat padanya" 
hadits riwayat Abu Dawud ini di hasan shahih kan oleh Albani dalam Shahih Abu Dawud 1/135.
jarak yang buat sekiranya antara sutrah dan tempat sujud seseorang cukup untuk dilewati kambing dan tidak lebih dari 3 hasta (+-54 inchi).

Lalu bagaiamana jika ada seseorang yang ingin melintas didepan kita ketika kita sedang sholat?
jika seseorang hendak melintas didepan kita ketika sedang sholat hendaknya kita menghalau atau mencegahnya dengan melentangkan tangan kita supaya mencegah dia lewat didepan kita.kalau dia memaksa tetap ingin lewat kita dapat mendorongnya dengan kuat.

dari Abu Sa'id Al-Khurdri dia berkata:
"saya pernah mendengar Rosululloh SAW bersabda : jika seseorang dari kalian sedang sholat dengan meletakkan sutrah di depannya,lalu ada seseorang hendak lewat di depannya, hendaklah dia mencegahnya.jika orang tersebut tetap memaksa hendak lewat, maka bunuhlah,sebab dia itu tidak lain adalah setan"(HR. Bukhori dan Muslim)
makna dari kata "bunuhlah" adalah mendorongya dengan kuat apabila masih tetap memaksa maka boleh untuk dipukul.

bagaimanakah sutrah sholat jamaah?
Sutrah imam adalah sutrah bagi makmumnya. dalam sebuha riwayat menceritakan  bahwa Abdulloh ibnu Abbas pernah datang terlambat  dengan mengendarai keledai betinanya disebabkan pada hari itu beliau mengalami ihtilam (mimpi basah).Sementara pada saat itu Rosululloh sudah berdiri di Mina dalam haji Wada' tengah mengimami shalat orang banyak dengan menghadap ke dinding.Ibnu Abbas pun mengendarai keledainya dan lewat didepan sebagian shaf pertama,lalu turun ,lalu bergabung dalam shaf bersama orang banyak dibelakang Rosululloh dan tidak ada seorang pun pada saat itu yang mengingkari perbuatan itu.Syaikh Bin Baz berkata menjelaskan tentang riwayat diatas: "Hadits ini menunjukkan bahwa Sutrah para makmum adalah Sutrah yang dipakai oleh imamnya, sehingga tidak mengapa jika ada seseorang lewat didepan mereka bila imam mereka memiliki Sutrah"

hal-hal yang kadang dilupakan sebenarnya sungguh bermanfaat karena inilah bukti dari keagungan agama Alloh yang Maha Luas Ilmu-Nya.





Komentar

Posting Komentar

Tulisan lama

Contoh Soal Dan Penyelesaian Program Linier Menggunakan Garis Selidik

Contoh Soal Dan Penyelesaian Program Linier Menggunakan Garis Selidik   Cara ini lebih simple dibandingkan dengan metode uji titik pojok tetapi memerlukan alat bantu berupa penggaris atau benda pipih yang lurus. Dalam soal biasanya sudah tertera keterangan dari garis selidik,kalau tidak ditulis didalam soal bisanya sudah tertera didalam gambar.Didalam metode penyelesaian menggunakan garis selidik titik terdekat dengan garis selidik adalah nilai minimumnya dan titik terjauh dari garis selidik adalah nilai maksimumnya. Contoh Soal: Daerah yang diarsir adalah penyelesaian dari suatu program linier. Dengan garis selidik awal,nilai maksimum yang mungkin terjadi adalah ... Jawaban: Lihat! Garis yang berwana Biru(garis selidik) garis tersebut bisa kita ubah menjadi fungsi obyektif atau fungsi sasaran. Terdapat 2 titik yang membuat garis tersebut yaitu (0,2) dan (5,0). Pola a -b      Maka terbentuklah fungsi obyektif f = 2 x +

Ketakjuban Orang non-Islam pada Adzan

Assalamualaikum Warahmatullohi Wabarakotuh Setiap saat kita pasti mendengarnya dari anak-anak,remaja,bapak-bapak dan bahkan lansia pun kita dengar suara mereka dalam mengalunkan kalimat adzan untuk memberitahu umat muslim bahwa telah tiba waktu sholat berjamaah. Percaya atau tidak bahwa adzan tidak pernah terputus dan saling bersambung diseluruh dunia,sungguh mulia panggilan ummat muslimin ini. Beberapa orang non muslim pun banyak yang berkomentar tentang keindahan dari lantunan adzan memang dalam adzan ada beberapa penerapan dari langgam yang ditujukan untuk memperindahnya. Jika teman-teman adalah penyuka seri kartun jepang atau anime pasti pernah mendengar tentang kasus salah satu opening anime  (Noragami:Aragoto)yang menggunakan adzam dalam meremix lagu opening itu. Saya mencoba berfikir positif saja kalau si pembuat lagu ini memang tidak tahu fungsi dan kesakralan dari adzan ini.saya hanya berfikir bahwa dia termasuk orang yang takjub dengan suara lantunan adzan, yang no