Langsung ke konten utama

Kenapa Kita Harus Menghadap ke kiblat ketika sholat?

Religious

Assalmualaikum

Bismillahirrahmanirrahim.


Hay berjumpa dengan saya lagi dan masih tetap diOutBrain.kali ini saya akan membahas tentang sholat yaitu tentang kiblat. Sudah berapakali kita sholat dari akhil baligh sampai sekarang mungkin bisa dihitung-hitung sendiri.

Sholat adalah sebuah kewajiban dan harus dilakukan oleh semua orang sudah mengaku beriman dengan mengucapkan 2 kalimat syahadat. Sholat adalah amalan pertama yang akan dihisab jika sholatnya baik maka amalan yang lainya juga baik dan jika sholatnya buruk maka amalan lainnya juga buruk. 
Pernah tidak terfikir dibenakmu kenapa kita sholat harus menghadap ke kiblat?

Sebagian dari kita bahkan ada yang belum tahu kenapa kita selalu menghadap ke kiblat/barat(untuk Indonesia) nah maka dari itu kita harus tahu alasan mengapa kita harus selalu sholat menghadap ke kiblat. Alloh Ta'ala berfirman dalam surah Al Baqoroh ayat : 144


“Kami melihat wajahmu(Muhammad) sering menengadah ke langit, maka akan Kami palingkan engkau kearah kiblat yang engkau senangi. Maka hadapkanlah wajahmu kea rah Masjidil haram. Dan dimanapun engkau berada, hadapkanlah wajahmu ke arah itu. Dan sesungguhnya orang-orang yang diberi Kitab (Taurat dan Injil) tahu, bahwa (pemindahan kiblat) itu adalah kebenaran dari Tuhan mereka. Dan Alloh tidak lengah terhadap apa yang mereka kerjakan”

Ayat ini turun ketika Nabi SAW hijrah ke Madinah. Pada saat itu mayoritas penduduk Madinah adalah orang yahudi,mereka sangat senang Rosululloh SAW menghadapkan kiblatnya ke Baitul Maqdis. Padahal Rosululloh SAW lebih menyukai untuk menghadapkan kiblat ke Masjidil Haram. Maka Rosululloh SAW meminta kepada Alloh dengan menengadahkan wajah Beliau ke langit. Maka Alloh pun menurunkan ayat tersebut.
Alloh Ta’ala memerintahkan agar menghadapkan kiblatnya ke Ka’bah bagi semua hambanya diseluruh dunia.dan Dia tidak memberika pengecualian sedikit pun selain untuk beberapa keadaan :

1.shalat sunnahnya mussafir yang sedang didalam kendaraan maka kiblatnya mengikuti arah          kemanapun kendaraan itu menuju tetapi hatinya tetap berkiblat pada Ka’bah.
2.kondisi perang berkecamuk,seseorang dibolehkan mengerjakan sholat dalam keadaan  bagaimanapun.
3.orang yang tidak tau arah,maka ia boleh berijtihad untuk menentukan arah kiblatnya,walaupun pada  hakikatnya ia salah.

Karena Alloh Ta’ala tidak akan membebani hambanya melainkan sesuai dengan kemampuannya.

ngomong- ngomong ya guys pada awalnya orang-orang yahudi merasa bimbang dengan tindakan Rosululloh yang mengganti arah kiblat dari Masjidil Aqsa ke Masjidil Haram. Sebeneranya sih orang-orang yahudi ini tahu peristiwa ini akan terjadi seperti yang telah tertera dalam kitab-kitab mereka yang dibawa oleh Nabi yang diutus kepada meraka. Tetang Alloh akan mengarahkan Muhammad ke Ka’bah dan juga tentang sifat dan karakter dari Rosululloh SAW, umatnya dan kekhususan serta kemuliaan yang diberikan Alloh Ta’ala baginya. Berupa syari’at yang sempurna 
dan agung. Tapi bagi mereka yang mengingkarinya mencoba untuk saling menyembunyikan hal ini dikarenakan kedengkian,kekufuran dan keangkuhan mereka,
Sekedar info nih sholat pertama yang dikerjakan menghadap ke Ka’bah adalah Sholat adalah Sholat Ashar. Dan Ali bin Abi Thalhah meriwayatkan, dari Ibnu Abbas,katanya “Masalah yang pertama kali dinasakh (dihapus hukumnya) di dalam Al Qur’an adalah masalah kiblat”

Cukup sekian dari saya  karen belajar itu tidak perlu banyak-banyak tapi sedikit asalkan faham akan lebih mendatangkan manfaat,terlebih lagi jika yang sedikit itu diamalkan dengan baik dan diajarkan kepada orang lain.



Komentar

Tulisan lama

Contoh Soal Dan Penyelesaian Program Linier Menggunakan Garis Selidik

Contoh Soal Dan Penyelesaian Program Linier Menggunakan Garis Selidik   Cara ini lebih simple dibandingkan dengan metode uji titik pojok tetapi memerlukan alat bantu berupa penggaris atau benda pipih yang lurus. Dalam soal biasanya sudah tertera keterangan dari garis selidik,kalau tidak ditulis didalam soal bisanya sudah tertera didalam gambar.Didalam metode penyelesaian menggunakan garis selidik titik terdekat dengan garis selidik adalah nilai minimumnya dan titik terjauh dari garis selidik adalah nilai maksimumnya. Contoh Soal: Daerah yang diarsir adalah penyelesaian dari suatu program linier. Dengan garis selidik awal,nilai maksimum yang mungkin terjadi adalah ... Jawaban: Lihat! Garis yang berwana Biru(garis selidik) garis tersebut bisa kita ubah menjadi fungsi obyektif atau fungsi sasaran. Terdapat 2 titik yang membuat garis tersebut yaitu (0,2) dan (5,0). Pola a -b      Maka terbentuklah fungsi obyektif f = 2 x +

Ketakjuban Orang non-Islam pada Adzan

Assalamualaikum Warahmatullohi Wabarakotuh Setiap saat kita pasti mendengarnya dari anak-anak,remaja,bapak-bapak dan bahkan lansia pun kita dengar suara mereka dalam mengalunkan kalimat adzan untuk memberitahu umat muslim bahwa telah tiba waktu sholat berjamaah. Percaya atau tidak bahwa adzan tidak pernah terputus dan saling bersambung diseluruh dunia,sungguh mulia panggilan ummat muslimin ini. Beberapa orang non muslim pun banyak yang berkomentar tentang keindahan dari lantunan adzan memang dalam adzan ada beberapa penerapan dari langgam yang ditujukan untuk memperindahnya. Jika teman-teman adalah penyuka seri kartun jepang atau anime pasti pernah mendengar tentang kasus salah satu opening anime  (Noragami:Aragoto)yang menggunakan adzam dalam meremix lagu opening itu. Saya mencoba berfikir positif saja kalau si pembuat lagu ini memang tidak tahu fungsi dan kesakralan dari adzan ini.saya hanya berfikir bahwa dia termasuk orang yang takjub dengan suara lantunan adzan, yang no