Langsung ke konten utama

Contoh Soal dan Penyelesaian Program Linier Menggunakan Uji Titik Pojok

Contoh Soal dan Penyelesaian Program Linier
Menggunakan Uji Titik Pojok

Materi ini memerlukan ketelitian ketika kita menjabarkan isi dari sebuah cerita menjadi bentuk pertidaksamaan variable/modek matematika. Terkadang kita salah dalam penempatan bilangan dengan variabelnya. Kalau memang masih membingungkan bisa dengan menggaris bawahi kalimat dalam soal. Cara ini memang memerlukan kesabaran karena kita harus memeriksa hasil titik pojok satu per satu.

Contoh soal:

   Pabrik sepatu didaerah magetan memproduksi 2 jenis sepatu kulit dan sepatu karet. Keuntungan yang diperoleh dari sepatu kulit adalah Rp 40.000/buah dan keuntungan dari sepatu karet sebesar Rp 30.000/buah. Sepatu Kulit memerlukan 6 jam pengolahan dan 4 jam pemasangan. Sedangkan sepatu karet memerlukan 3 jam pengolahan dan 6 jam pemasangan.jika waktu yang disediakan untuk pengolahan 54 jam dan pemasangan 48 jam.
Hitunglah keuntungan maksimum yang bisa diperoleh oleh pabrik tersebut?



Jawaban:

Langkah pertama adalah menjadikan obyek menjadi sebuah variabel.
ada 2 buah obyek yaitu sepatu kulit dan sepatu karet. Kita misalkan sepatu kulit adalah variabel (x) dan sepatu karet adalah variabel (y).
lalu lanjut dengan membuat tabel. 
tabel awal





coba lihat bagian paling kiri dari tabel diatas.lalu tinggal memasukkan variabel yang sesuai menjadi seperti ini:
tabel yang sudah diinputkan variabel












Fungsi obyektif akan kita gunakan untuk mencari nilai maksimum nanti.
Sekarang ubahlah pertidaksamaan 2 variabel tadi menjadi persamaan 2 varibel.tujuannya adalah untuk menentukan titik dari grafik.caranya mudah tinggal ganti tanda ≤ menjadi =.
Persamaan 1
titik hasil diatas akan menjadi GARIS PERTAMA














Pesamaan 2:
titik hasil diatas akan menjadi GARIS KEDUA















Lalu buatlah grafik:
Grafik

















setelah ini sebenarnya hal simple tapi kadang keliru yaitu daerah hasil dari grafik.cara nya masukkan variabel x & y dengan nilai(0,0) pada salah satu garis.coba ambil contoh dengan garis pertama:
6x + 3y ≤ 54  apabila nilai x,y=(0,0)
6 . 0 +3 . 0 ≤ 54
0 54 

(pernyataan tersebut bernilai benar jadi daerah hasil  menjuru kedalam atau mengarah ke titik (0,0)).





















   Lihatlah! Titik yang berada dipinggir/pojok dari daerah hasil yaitu (0,8),(9,0) dan satu lagi titik pertemuan antara garis pertama dan kedua.
Untuk mencarinya  menggunakan Eliminasi menggunakan pertidaksamaan diatas (untuk melakukannya pertidaksamaan diubah menjadi perasamaan) :







Grafiknya akan menjadi seperti ini:
Grafik dengan Titik Pojok









Sekarang saatnya mencari nilai maksimum dari tiap-tiap titik menggunkan fungsi obyektif.
z = 40.000x + 30.000y  tinggal mengganti variabel 
x dan y dengan titik pojok di atas:
Titik pertama: (0,8)
z = 40.000 . (0) + 30.000 . (8)
z= 0 + 240.000
z=240.000
Titik kedua: (7.5,3)
z=40.000 . (7.5) + 30.000 . (3)
z=300.000 + 90.000
z=390.000
Titik ketiga: (9.0)
z=40.000 . (9) + 30.000 . (0)
z=360.000 + 0
z=360.000
dari ke-3 titik tersebut yang merupakan titik maksimum penyelesaian soal program linier diatas adalah titik kedua(7.5 , 3) dengan nilai 390.000.
teruslah berlatih mengerjakan soal dan jangan sungkan untuk bertanya kepada guru kalian disekolah.jika memang guru kalian itu galak manfaatkalah teman-teman yang lebih dahulu paham terhadap materi ini.


Komentar

Tulisan lama

Contoh Soal Dan Penyelesaian Program Linier Menggunakan Garis Selidik

Contoh Soal Dan Penyelesaian Program Linier Menggunakan Garis Selidik   Cara ini lebih simple dibandingkan dengan metode uji titik pojok tetapi memerlukan alat bantu berupa penggaris atau benda pipih yang lurus. Dalam soal biasanya sudah tertera keterangan dari garis selidik,kalau tidak ditulis didalam soal bisanya sudah tertera didalam gambar.Didalam metode penyelesaian menggunakan garis selidik titik terdekat dengan garis selidik adalah nilai minimumnya dan titik terjauh dari garis selidik adalah nilai maksimumnya. Contoh Soal: Daerah yang diarsir adalah penyelesaian dari suatu program linier. Dengan garis selidik awal,nilai maksimum yang mungkin terjadi adalah ... Jawaban: Lihat! Garis yang berwana Biru(garis selidik) garis tersebut bisa kita ubah menjadi fungsi obyektif atau fungsi sasaran. Terdapat 2 titik yang membuat garis tersebut yaitu (0,2) dan (5,0). Pola a -b      Maka terbentuklah fungsi obyektif f = 2 x +

Ketakjuban Orang non-Islam pada Adzan

Assalamualaikum Warahmatullohi Wabarakotuh Setiap saat kita pasti mendengarnya dari anak-anak,remaja,bapak-bapak dan bahkan lansia pun kita dengar suara mereka dalam mengalunkan kalimat adzan untuk memberitahu umat muslim bahwa telah tiba waktu sholat berjamaah. Percaya atau tidak bahwa adzan tidak pernah terputus dan saling bersambung diseluruh dunia,sungguh mulia panggilan ummat muslimin ini. Beberapa orang non muslim pun banyak yang berkomentar tentang keindahan dari lantunan adzan memang dalam adzan ada beberapa penerapan dari langgam yang ditujukan untuk memperindahnya. Jika teman-teman adalah penyuka seri kartun jepang atau anime pasti pernah mendengar tentang kasus salah satu opening anime  (Noragami:Aragoto)yang menggunakan adzam dalam meremix lagu opening itu. Saya mencoba berfikir positif saja kalau si pembuat lagu ini memang tidak tahu fungsi dan kesakralan dari adzan ini.saya hanya berfikir bahwa dia termasuk orang yang takjub dengan suara lantunan adzan, yang no